Kamis, 15 November 2012

Cara Merawat Bayi Hamster Tanpa Indukan


Salah satu masalah yang sering kita hadapi dalam merawat hamster adalah merawat bayi hamster tanpa indukan. Betul tidak? Tanpa indukan bukan berarti indukannya tidak mau merawat si bayi hamster, indukan mana yah yang tidak mau merawat anaknya sendiri, itu sangat tidak mungkin.





Yang dimaksud tanpa indukan disini adalah indukan hamsternya mati dan anak hamster tidak mempunyai indukan untuk disusui. Hal apa yang seharusnya dilakukan? Nah mari kita bahas dalam posting kali ini.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila si indukan mati atau merawat bayi tanpa indukan antara lain:

  • Bayi hamster sangat membutuhkan induknya untuk menyusui sehingga anda harus menggantikan sebagai Induk sementara untuk si bayi-bayi tersebut dengan memberi susu kental manis dan air perbandingan 1:1.Agar gizinya agar tercukupi anda harus bolak-balik memberi si bayi setiap menitnya dengan cara menyuapinya dengan pipet.
  • Beri serbuk kayu secukupnya. Hal ini untuk menjaga kehangatan kandang hamster.
  • Bayi Hamster sebaiknya di taruh di alas kandangnya tidak berlubang-lubang (datar) seperti akuarium, untuk menjaga si bayi tidak terjatuh dan terjepit.
  • Bila anda memindahkan bayi hamster, sebaiknya menggunakan alat bantu seperti sendok, dll. Agar si hamster tidak berbau tangan manusia dan hamster masih mau meminum susu tersebut. Jangan lupa kalau hamster itu kanibal.


Masalahnya adalah apakah anda bisa melakukan hal seperti dijelaskan diatas, dimana anda harus menyusui bayi hamster tiap jamnya dan akan memakan waktu anda. Jelas tidak mungkin kan, nah ini ada salah satu cara yang sering saya lakukan apabila bayi hamster ditinggal mati oleh indukannya yaitu:

  • Titipkan saja ke hamster yang sedang menyusui bayi. Tapi jangan pada hamster yang tidak menyusui karena si bayi hamster akan di makan oleh indukan lain.


Mungkin cara diatas atau mengabungkan anakan hamster dengan anakan hamster lain itu tidak selalu berjalan dengan mulus, dan yang sering terjadi adalah anakan hamsternya tidak dirawat oleh indukan lainnya. Akan tetapi resiko itu bisa dipekercil dan bagaimana ya caranya?

Oke, saya beri tips lagi biar hamster lover pada mengerti dan paham. Wah kurang baik gimana ya saya ini..:). Gak usah bertele-tele, saya akan berikan tipsnya sebagai berikut:

  • Cari indukan hamster yang tidak mempunyai kelainan. Karena hamster yang punya kelainan pada umumnya tidak bisa merawat bayi hamster.
  • Cari anakan hamster yang seumuran dengan anakan yang ditinggal mati oleh indukannya sehingga si indukan baru menganggap itu anaknya sendiri dan mau menyusui.
  • Pisahkan si pejantan (pejantan dari indukan baru) karena ada kemungkinan si pejantan mengetahui kalau itu bukan anak kandungnya sendiri.
  • Cari indukan yang sejenis dan se-variasi dengan indukan yang mati karena si indukan baru akan mengamati apakah itu anaknya atau bukan dari pengamatan corak warna dan patern dari warna tersebut.

7 komentar:

  1. anak hamster saya pas lahir ada 4, tapi dimakanin jadi tinggal 2, besoknya lagi saya lihat tinggal 1 baru umur 1minggu eh induknya kabur, terus gimana cara ngerawat bayinya? bayi hamsternya sudah terlajur saya pegang dan diganti kandang sama serbuk kayunya :( terus saya harus gimana:'(

    BalasHapus
  2. Umur anak hamster saya baru lima hari, tapi induknya udah kabur, gmana caranya kasih makan bayinya? Di rumah cuma satu jenis aja yang ada :(

    BalasHapus
  3. Bayi hamster saya ada 4 bru berumur 3 hari sudah ditinggal Induknya gmn yah cara nyusuinnya ..repot

    BalasHapus
  4. Bayi hamster saya udh kena bau manusia saat memindahkan ke tmpt yg lain u tk membersihkan kandangnya. Gimana cara ngilangin bau manusia nya?:(

    BalasHapus
  5. Aku beli sepasang hamsters syrian dan sepasang campbel bersamaan. Dan melahirkan dihari yang sama, tp setelah 5 hari melahirkan, indukan syrian mati. Jd sy pusing gimana caranya biar nih anak syrian bisa brtahan hidup. Nah setlah sy coba gabungin anaknya si campbel dgn syrian ternyata si indukan campbel menyusui semua bayi syrian.

    BalasHapus
  6. Bayi hamster berusia 20 ari...induk suda mati...bagaimana mo jaga bayi hamster 2

    BalasHapus
  7. Umur bayi hamster saya udah 2 minggu tapi indukan nya kabur terus cara nyusuin anaknya gimana kak

    BalasHapus