Selasa, 04 September 2012

Makanan Utama dan Tambahan Untuk Hamster


Hamster adalah hewan omnivora. Makanan mereka biasanya butir-butir padi, tetapi termasuk juga buah segar, akar, dan beberapa serangga. Namun, tidak semua makanan cocok untuk mereka. Hamster yang terkena penyakit diabetes tidak di perbolehkan mendapat makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi seperti jagung. Komponen makanan hamster di bagi menjadi 3 kategori diantaranya, kering, segar, dan makanan binatang.





Makanan yang paling aman untuk hamster adalah biji-bijian segar. Pilih biji-bijian yang tidak di awetkan namun bebas dari kutu dan bahan pewarna. Demi keamanan, sebaiknya tidak memberikan makanan berupa daun segar dan makanan instan. Beberapa jenis daun segar mungkin tidak berbahaya bagi hamster, namun sebagian besar daun-daunan sudah tercemar pestisida. Walau sedikit, hamster rentan terhadap pestisida. Makanan instan juga tidak baik bagi hamster karena biasanya mengandung bahan pengawet. Makanan mengandung garam dapat menyebabkan kerontokan bulu pada hamster.


Berikut beberapa makanan yang cocok bagi hamster kita:

Biji Bunga Matahari
Biji Bunga Matahari makanan ini sangat di sukai semua orang. orang mengira biji bunga matahari adalah makanan utama hamster, padahal itu tidak benar. Justru dengan hanya memberikan biji bunga matahari sebagai pakan utama menyebabkan hamster mengalami kekurangan gizi dan obesitas karena biji bunga matahari mengandung lemak yang tinggi. Hamster memang suka sekali biji bunga matahari, namun alangkah baiknya jika kita mengendalikan nafsu makan mereka terhadap biji bunga matahari.

Padi / Gabah
Padi / Gabah seperti halnya beras adalah sumber karbohidrat yang utama. Pemberian Gabah yang cukup akan memastikan kebutuhan energi hamster akan terpenuhi, dan juga kaya akan pro-vitamin D.

Kacang Tanah
Kacang Tanah makanan mengandung banyak lemak, pemberian kacang tanah terhadap hamster sebaiknya jangan terlalu berlebihan karena berakibatn kegemukan, namun kacang tanah juga penting untuk membuat hamster mendapatkan cadangan energi.

Kacang Kedelai
Kacang Kedelai makanan ini mengandung banyak protein. Pemberian kacang kedelai sangat baik untuk hamster agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, Dan juga dapat bermanfaat untuk mengasah gigi hamster yang terus tumbuh.

Kacang Hijau
Kacang Hijau makanan ini memiliki banyak vitamin yang baik untuk hamster. Vitamin di perlukan sebagai zat pengatur dalam tubuh hamster, dan baik juga untuk mengasah gigi hamster.

Wortel
Wortel adalah salah satu sayuran yang baik untuk hamster. Wortel mengandung zat zat yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Wortel juga baik untuk kesehatan mata, terutama pada hamster yang bermata merah. Hamster yang bermata merah mudah sekali terkena katarak. Pemberian wortel juga dapat di gunakan sebagai pengganti air minum, Namun tidak di sarankan mengganti air minum dengan wortel karena menyebabkan hamster terus menerus kencing dan kandang menjadi sangat bau.

Taoge / Kecambah
Taoge mengandung banyak vitamin K yang baik untuk menjaga kesuburan hamster. Pemberiannya sedikit saja setiap harinya.


Untuk makanan tambahan (snack) diberikan 2x seminggu dengan jumlah yang sangat sedikit, karena bisa menyebabkan diare. Berikut daftarnya:

1. Kacang panjang
2. Pepaya
3. Roti tawar
4. Apel, dan sayur/buah lainnya

WARNING!!! Jangan memberikan buah kelompok citrus (asam) seperti jeruk, dll.


Tags: Makanan Utama dan Tambahan Untuk Hamster, Makanan Untuk Hamster, Makanan buat Hamster, Makanan Utama Untuk Hamster, Makanan tambahan Untuk Hamster, Makanan Utama dan Tambahan buat Hamster

4 komentar:

  1. Apakah boleh menaruh semangka ?

    BalasHapus
  2. Boleh tidak makan kacang panjang pada saat menyusui

    BalasHapus
  3. Apakah hamster boleh di kasih jangkrik, soalnya pas ada jangkrik masuk ke kandang hamster si hamster langsung memakan jangkrik itu

    BalasHapus