Kamis, 15 November 2012

Cara Memandikan Hamster


Bagaimana sih cara memandikan hamster yang benar? Memang mandi itu pakai air tetapi hamster mandinya tidak memakai air lo temen-temen. Jika kamu salah memperlakukan hamster dengan memandikannya dengan air maka hati-hati hamster kamu sakit. Kenapa hamster harus dimandikan? Seperti kamu ketahui hamster juga bisa mengeluarkan kotoran di dalam kandangnya sehingga hamster juga perlu untuk dimandikan supaya tidak ada kutu pada hamster tersebut dan wangi tentunya.

Postingan kali ini saya akan membantu anda dan mengajari anda untuk memandikan hamster. Setalah saya pelajari dari blog teman-teman saya, ternyata ada 2 cara untuk memandikan hamster yaitu memandikan hamster dengan air hangat dan menggunakan pasir zeolit.

Apa itu pasir zeolit? Pasir yang biasanya digunakan untuk wadah pup kucing, kalau untuk hamster pilihlah pasir zeolit dengan tipe nomer 1 yang sangat halus sekali. Seperti apa sih pasir zeolit yang cocok untuk hamster, ini saya ada gambar pasirnya biar memperjelas temen-temen.

Pasir Zeolit untuk Hamster

Memandikan dengan air itu terlalu resiko sekali untuk hamster. Cara membersihkan (memandikan) hamster dengan air yaitu:
  1. Hamster yang boleh dimandikan hanya yang sudah dewasa (4-5 bulan)
  2. Siapkan Babby Shampoo dan air hangat
  3. siram hamster (sebentar saja) bagian leher kebawah lalu kucek-kucek biar air merata di tubuh hamster
  4. Usapkan shampoo ke tubuh hamster secara merata dan jangan terlalu lama
  5. Bilas tubuh hamster dan jangan sisakan shampoo sedikitpun. BAHAYA!!!
  6. Keringkan pakai handuk atau tisu, lalu pakai hair dryer dengan setelan panas dan angin yang kecil
  7. Siapkan pasir zeolite untuk mengkiatkan bulu hamster

Tapi cara di atas terlalu beresiko bagi hamster bila anda ragu memandikannya. Dan terdapat cara memandikan hamster tanpa air, yaitu dengan pasir kusus. Sebaiknya anda menggunakan cara di bawah ini untuk memandikan hamster dengan pasir yaitu:
  1. Siapkan pasir zeolit atau Bathing Sand dapat di beli di petshop dan pasar hewan. Bathing Sand tersedia berbagai aroma seperti lavender, orange, apple,dll.
  2. Tuangkan pasir ke dalam wadah yang digunakan untuk memandikan hamster.
  3. Dan tunggu hamster sampai selesai berguling-guling (mandi) di pasir tersebut.
  4. Angkat hamster dari wadah pasir tersebut dan hamster akan wangi.
  5. Letakan hamster di kandangnya

Biasanya pasir ini biasa digunakan oleh hamster sebagai toilet selain untuk membersihkan diri (mandi) dari kotoran dan bau tidak sedap.


Tags: Cara Memandikan Hamster, Cara Memandikan Hamster dengan air, Cara Memandikan Hamster dengan pasir, Cara Memandikan Hamster memakai air/pasir, Cara Memandikan Hamster dengan sedikit air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar