Kamis, 08 November 2012

Sifat-sifat (Karakteristik) Hamster


Hamster memiliki badan yang gemuk, dengan ekor yang lebih pendek daripada badannya dan memiliki telinga yang berbulu, kaki yang lebar, pendek dan pendek gemuk. Hamster memiliki bulu yang tebal dan panjang, dan bulunya memiliki berbagai variasi warna tergantung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, abu-abu, putih, coklat, kuning dan merah. Bagian bawah hamster berwarna putih sampai abu-abu dan hitam.

Hamster Dzhungaria (Phodopus sungorus) dan hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis) seperti hamster Campbell dan hamster winter white memiliki garis hitam dibawah bagian tengah punggung. Hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus) adalah hamster terkecil, dengan panjang badan 5 sampai 10 sentimeter atau sekitar 2 sampai 4 inci , sedangkan hamster terbesar adalah hamster Eropa (Cricetus cricetus), dengan panjang badan lebih dari 34 sentimeter, tidak termasuk ekor pendek yang memiliki panjang 6 sentimeter. Hamster Eropa adalah salah satu spesies hamster yang habitatnya berada di Eropa. Biasanya hamster ini ditemukan di peternakan, walaupun mungkin juga hidup di padang rumput dan kebun. Hamster ini dapat ditemukan di Negara Belgia, Elsas, Rusia, dan Rumania. Hamster Eropa lebih besar daripada hamster Suriah atau hamster kerdil dan biasanya disimpan sebagai binatang peliharaan.

Hamster Suriah atau hamster Syrian atau hamster Emas atau Hamster Beruang atau bahasa latinnya Mesocricetus auratus, adalah jenis seekor hamster anggota subfamily Cricetinae. Pada alam bebas, hamster Suriah atau hamster Syrian adalah binatang yang terancam, tetapi populer sebagai binatang peliharaan dan binatang untuk penelitian ilmu pengetahuan. Hamster Suriah dewasa dapat berkembang dengan panjang 5 sampai 7 inci (12.5 sampau 17.5 sentimeter), dan lama hidupnya sekitar 2 sampai 3 tahun.

Sementara hamster kerdil yang termasuk salah satu spesies hamster dalam genus Phodopus seperti hamster Campbell, hamster Winter White dan Roborovski. Juga hamter Tiongkok atau dikenal dengan hamster Chinese atau hamster Cinamon terkadang merujuk kepada hamster kerdil walaupun genus mereka berbeda.

Hamster ini memiliki warna yang lebih terbatas disbanding hamster Suriah, namun hamster kerdil lebih sering dipelihara oleh pemilik binatang peliharaan yang menyukai hamster yang lebih kecil dan mau berteman, tetapi hamster ini harus dipelihara dengan baik agar tetap mau berteman.


Tags: Karakteristik Hamster, sifat-sifat Hamster, sifat Hamster, sikap Hamster, ciri-ciri Hamster, Hamster, tentang Hamster

Tidak ada komentar:

Posting Komentar